Masih Berhubungan Baik Sama Mantan?

11/23/2012

Foto: xpictures-quotes.tumblr.com

“Tapi, kita masih bisa temenan, kan?”

Kalimat di atas itu seringkali jadi penghancur hubungan kamu di kemudian hari. Pernah kamu alami atau nggak, tapi masih berhubungan baik sama mantan bisa jadi boomerang buat diri sendiri.

Sederhananya gini. Coba deh kamu bayangin kamu punya pacar (bayangin aja dulu, punya benerannya bisa belakangan), tapi pacar kamu masih baik-baik dan malah akrab sama mantannya. Gimana perasaan kamu? Gak bisa dimungkiri, pasti ada rasa cemburu, bahkan cenderung gedeg ngeliatnya.

Atau sekarang kamu jomblo, jadi tenang-tenang aja mau masih deket dan akrab sama mantan kek, mau nggak kek. Tapi suatu saat nanti pastinya kamu bakal pengen punya pacar, dong? Buat yang kamu sekarang akrab-akrab aja sama mantan dan masih jomblo, siap-siap aja semuanya bakal berubah pas nanti kalo kamu punya pacar (kalo, ya, sekali lagi kalo).

Biasanya yang masih berhubungan akrab sama mantan, itu jaga-jaga biar gampang nanti kalo pengen balikan.

Nggak, bukannya harus putus silaturahmi sama mantan. Tapi kamu mesti punya batasan-batasan. Biasanya sih awal bencana itu dimulai dari ketika dia nanya, “[masukkan nama mantan di sini] siapa sih?” Serba salah. Mau kamu jawab mantan, dia pasti ngambek. Mau dibohongin juga pasti dia bakal tau sendiri.

Jangan sampe ada kalimat seperti “Kamu kok gak ngehargain aku sebagai pacar kamu?”, atau “Kamu pilih aku atau dia?!”, bahkan “Kalo masih ngarep, balikan aja sana!!!”.

Karena dalam setiap hubungan asmara, mantan adalah salah satu hal paling sensitif. Salah satu hal yang pertama kali dikepoin pas pertama kali punya pacar adalah ya mantan-mantan itu, bahkan sebelum jadian aja biasanya udah dikepoin duluan siapa aja mantannya dan gimana pas pacarannya.

Seperti gue bilang sebelumnya, hal yang berhubungan sama mantan itu sensitif banget dalam sebuah hubungan. Makanya, semakin banyak kamu punya mantan, semakin banyak pula ‘ranjau’ pas nanti kamu pacaran. Punya mantan berarti harus mengeliminasi beberapa hal tertentu untuk menjalani sama gebetan/pacar yang sekarang.

Masih berhubungan baik sama mantan kemungkinannya dua: 1) masih cinta 2) gak pernah saling cinta. -@sihanin

Misalnya kamu punya mantan, dan kamu punya kenangan sama dia ke Puncak dan melihat paralayang. Nah, karena kamu udah mantanan, jadilah hal itu gak bisa kamu lakukan ke orang yang lagi deket sama kamu sekarang, karena cepat atau lambat dia akan tau. Pasti dia akan kepoin.

Apalagi kalo sampe dia tau setelah kamu melakukan hal yang sama seperti yang pernah kamu lakukan sama mantan. Jenggot kamu bisa kebakaran.

Kondisinya cuma bakal ada dua, kamu yang bakal keganggu alias ‘dihantui’ mantan nantinya, atau sebaliknya.

Jadi, coba deh pikir-pikir dulu. Kalo mau tetep temenan sama mantan, mending gak usah deh kalo kira-kira gak ada rencana bakal balikan.

Ya kalo kamu masih berhubungan baik sama mantan dan itu belum pernah ngeganggu hubungan kamu yang sekarang, itu berarti kamu orang yang beruntung. Atau belum datang aja sih waktunya.

Jangan sampai masa lalumu membuat masa depanmu lepas berlalu.

Karena masa lalu dan masa depan seringkali bertabrakan di masa sekarang.

Jadi, siapa aja yang pernah ngerasain mantan itu hal yang sensitif dalam hubungan? Atau malah ada yang gak pernah ‘direcokin’ mantan?